blog

KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN GELAR PROGRAM BULAN CINTA LAUT DI RAJA AMPAT

KominfoR4- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia melaksanakan kegiatan Gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL) dalam rangka Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut (BCL) di Pantai Waisai Torang Cinta, Kelurahan Sapordanco, Distrik Kota Waisai, Raja Ampat, Papua Barat, Rabu, (9/3/2022).

Kegiatan yang dihadiri Menteri KKP, Sakti Wahyu Trenggono dan sejumlah pejabat eselon I Kementerian KKP tersebut diawali dengan jalan pagi sepanjang 4,8 Km, dimulai dari Kompleks AL Raja Ampat dan berakhir di Pantai WTC.

Kegiatan Bulan Cinta Laut (BCL) ini dilakukan untuk mengkampanyekan pentingnya menjaga kesehatan Laut Raja Ampat sebagai sumber kehidupan masyarakat Raja Ampat.

Kegiatan BCL dilanjutkan dengan kegiatan pemungutan sampah diseputaran pantai WTC yang diikuti oleh; anggota Polres Raja ampat, TNI AD dan AL, Mahasiswa Ekowisata UNIPA, Mahasiswa KKN UMS, SMP YPPK Waisai, SD YAPIS LUKMAN EL-HAKIM, dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Raja Ampat, dan pada kegiatan bersih pantai ini terkumpul sebanyak 462 kg sampah yang kemudian diangkut dan dibuang ketempat pembuangan sampah.

Sakti Wahyu Trenggono berpesan agar tetap menjaga kebersihan laut Raja Ampat, laut Raja Ampat harus tetap lestari, tidak rusak dan tercemar, jangan sampai terjadi seperti apa yang dialami Bunaken saat ini, hanya karena sampah laut yang yang tidak terkendali, Bunaken saat ini kurang diminati wisatawan.

Dirinya berharap agar masyarakat Raja Ampat yang beraktifitas di laut dan khususnya pengunjung Pantai WTC selalu melaksanakan 3 M yakni; Makan, Minum dan Membersihkan.

Mengakhiri kegiatan bersih Pantai, Menteri KKP dan rombongan kemudian mengunjungi destinasi wisata Pulau Piainemo untuk menikmati keindahan Alam Raja Ampat. (MC/KominfoR4)

 

Bagikan Berita Ini :