blog

DPRD Raja Ampat Minta Warsamdin Dikembangkan Menjadi Pintu Masuk Wisata

Waisai, DiskominfoRA- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Raja Ampat, Abdul Wahab Warwey meminta instasi teknis terkait atau OPD di lingkungan Pemda Raja Ampat untuk memberikan perhatian serius pada pengembangan dan pembangunan Kampung Warsamdin sebagai pintu masuk kegiatan wisata di Kawasan Wisata Teluk Mayalibit, Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

"Kawasan Teluk Mayalibit itu sangat potensial, tidak saja pariwisata tetapi juga perikanan karena itu Warsamdin sebagai pintu masuk Kawasan Teluk Mayalibit perlu mendapat perhatian serius dari OPD terkait," ujar Abdul Wahab Warwey kepada Jurnalis Infopublik  di Kantor Diskominfo, Persandian dan Statistik Raja Ampat, Senin (22/11/2021).

Dijelaskannya Kampung Warsamdin  selain sebagai  ibukota distrik tetapi juga berperan penting dalam pembangunan Kawasan Teluk Mayalibit. Dirinya mengatakan setiap kampung di Teluk Mayalibit memiliki karakteristik dan potensi perikanan dan pariwisata yang unik.

"Warsamdin dan Lopintol itu adalah daerah penghasil ikan lema dan terdapat beberapa obyek wisata menarik. Juga ada kampung penghasil udang ebi sebagai bahan baku pembuatan terasi khas Teluk Mayalibit," tambahnya.

Diakuinya, dengan memberi perhatian serius pada pembangunan Kampung Warsamdin juga mempermudah dalam hal pengawasan dan pengendalian pemanfaatan dan pengelolaan hasil laut di Teluk Mayalibit. Tetapi juga mendorong perkembangan pariwisata Raja Ampat.

Menurutnya, sebagai pintu masuk maka Warsamdin merupakan tempat yang cocok untuk memantau setiap pergerakan barang atau jasa maupun hasil-hasil laut dari Teluk Mayalibit.

Abdul Wahab Warwey juga menambahkan dirinya telah melakukan upaya, koordinasi dan konsultasi dengan beberapa OPD untuk pembangunan Kampung Warsamdin. Salah satunya, kata Abdul Wahab Waerwey, terkait koordinasi untuk pembangunan jaringan telekomunikasi di Kampung Warsamdin.

"Saya memberi apresiasi kepada Diskominfo karena permintaan saya untuk pemasangan jaringan telekomunikasi di Kampung Warsamdin sudah mulai dibangun tahun ini. Saya berharap pun dinas-dinas lain juga untuk mendukung pembangunan Warsamdin sebagai pintu masuk wisata di Teluk Mayalibit," ujar dia.

Teluk Mayalibit merupakan salah kawasan yang sangat potensial di Raja Ampat. Kawasan yang memiliki dua distrik tersebut yakni Distrik Teluk Mayalibit dan Tiplol Mayalibit merupakan kawasan yang memiliki potensi pariwisata dan perikanan. Kawasan wisata Kali Biru yang saat sangat terkenal berada di kawasan ini. Selain itu juga terdapat obyek wisata lain yang belum diexplorasi secara maksimal.

Di kawasan ini juga dikenal dengan metode penangkapan “timba” atau dalam bahasa setempat “balobe”. Dimana ikan digiring dalam kolam tertutup dan saking banyaknya ikan yang masuk maka nelayan tinggal timba ikan tersebut. Bagi yang pernah ke kawasan ini pasti sangat tahu bagaimana keindahan pariwisata dan potensi perikanan  di Teluk Mayalibit tersebut. (Petrus Rabu/MC.Kab.Raja Ampat)infopublik.id

Bagikan Berita Ini :