blog

Capaian Vaksinasi Covid-19 di Papua Barat Masih Jauh Dibawah Standar Nasional

Raja Ampat, InfoPublik - Hingga November 2021, angka partisipasi vaksinasi Covid-2019 di Provinsi Papua Barat baru mencapai 42,1 %.

 Angka ini tentu masih jauh dari target nasional yakni 70 % untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity. Karena itu butuh kerja keras pemerintah dan berbagai pihak sehingga sasaran vaksinasi Covid-19 bisa tercapai.

Kita baru capai 42,1 %  yang sudah vaksin di Papua Barat,” ujar Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan ketika membuka Temu Ilmiah Tata Kelola Pemerintahan Dalam Era Otonomi Khusus Papua di Gedung Pari Convention Center, Kota Waisai, Ibukota Kabupaten Raja Ampat, Kamis (25/11/2021).

Mandacan menjelaskan Provinsi Papua Barat terdiri dari 12 Kabupaten dan 1 kota  dengan 218 distrik/kecamatan serta 1.342 kampung/desa.

Sayangnya, pada kesempatan itu, Mandacan tidak mengurai secara terinci capai program vaksinasi Covid-19 masing-masing kabupaten/kota yang dipimpinnya.

Mandacan berharap masyarakat di Papua Barat untuk mengikuti program vaksinasi masal yang ada di daerah masing-masing atau dimana warganya berada.

Dikatakannya, vaksinasi massal yang dilakukan pemerintah dan berbagai pihak saat ini bertujuan untuk menciptakan kekebalan dalam diri setiap orang. Sehingga saat seseorang terpapar Covid-19, orang tersebut sudah memiliki kekebalan dalam dirinya.

“Dan juga vaksin massal yang dilakukan ditengah-tengah masyarakat agar tubuh kita dapat kita kuat. Karena tidak divaksin kita lemah, hanya dengan vaksin kita kuat dan kalau kita kuat maka pandemic ini  bisa diatasi,” ujar Mandacan.

Dirinya berpesan agar masyarakat Papua Barat dimana pun berada untuk mengikuti program vaksinasi Covid-19, karena program yang dilaksanakan pemerintah bertujuan agar masyarakat kuat dan sehat. (Petrus Rabu/MC.Kab. Raja Ampat/toeb)infopublik.id 

Bagikan Berita Ini :