blog

Disperindag Raja Ampat Gelar Pelatihan Pengolahan Bahan Lokal

Raja Ampat, InfoPublik - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Raja Ampat mengelar pelatihan pengelolahan berbahan dasar potensi lokal kepada masyarakat Kampung Fafanlap, Distrik Misool Selatan, Selasa (24/8/2021).

Kepala Disperindag Raja Ampat, Djalali menjelaskan, kegiatan pelatihan tersebut merupakan salah satu program pada dinas yang dipimpinnya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, dan mendukung pengembangan pariwisata Raja Ampat.

Pelatihan yang dihadiri ibu-ibu tersebut adalah pengelolaan bahan dasar lokal menjadi makanan yang modern dan siap saji atau dikonsumsi karena masyarakat yang ada di Kabupaten Raja ampat

“Misool Selatan berpenghasilan ikan tetapi juga sebagai penghasilan sagu serta bahan dasar lokal lainnya yang selama ini masih diolah secara alami oleh ibu ibu setempat,” kata Djalali.

Untuk itu katanya, hadirnya Disperindag untuk menciptkan home industry dengan mengolah dan mengoptimalkan bahan dasar lokal yang ada di sekitar  seperti ikan dan sagu serta hasil perkebunan lainnya.

"Tujuannya untuk dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Raja Ampat khususnya di Distrik Misool Selatan,” kata Djalali.

Kepada peserta, dia berharap untuk mengikuti dan memperhatikan materi yang dipaparkan narasumber, sehingga ilmu yang didapat selama pelatihan itu bisa bisa dipraktikkan di rumah masing-masing.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Muhammad Ihksan menjelaskan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan keterampilan dalam membuat variasi makanan, meningkatkan kualitas, rasa dan kandungan gizi  dalam makanan serta terciptanya pelaku-pelaku lokal yang  kreaktif dan berdaya saing tinggi.

Adapun pesrta pelatihan berjumlah 40 orang, terdiri dari Kampung Fafanlap 8 orang, Kampung Yellu 8 orang, Kampung Dabatan 8 orang, kampung Harapan Jaya 8 orang dan Kampung Karaypop 8 orang.

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Distrik Misool Selatan, Mantan Sekretaris Dinas Perindag, Herman Rayar, narasumber, Carolin Katiandagho, Stierje. H. Kalawo, para kepala kampung dan sejumlah tokoh masyarakat Distrik Misool Selatan. (Imha A/Petrus R/MC.Kab.Raja Ampat)

Bagikan Berita Ini :