blog

Raja Ampat Dan Bank Papua Tandatangan PKS  Terkait Pengelolaan Rekening Kas Daerah

Raja Ampat, InfoPublik -  Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, SE melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan PT. Bank Pembangunan Daerah (BPD) Papua Kantor Cabang Waisai, di Kantor Bupati Raja Ampat, Senin (19/6/2023).

PKS yang dilakukan ini sebagai upaya dalam mendorong fungsi optimalisasi pengelolaan rekening kas umum daerah.

“Kami pihak bank berjanji akan meningkatkan pelayanan lewat aplikasi berbasis online yang dinilai lebih efektif dan efisien di banding  system lama (Cash Management system) dimana sering terbentur dengan keterlambatan,” ungkap Direktur Kepatuhan Bank Papua, Betty Juliaantje Parinussa.

Melalui aplikasi tersebut diharapkan pajak daerah dapat dipantau secara real time dan dapat digunakan sebagai alat rekam untuk mencegah terjadinya kebocoran pajak.
Jadi kerja sama yang dilakukan ini untuk memaksimalkan sistem pelayanan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) berbasis online agar lebih cepat dan efisien.

AFU sapaan Abdul Faris Umlati mengapresiasi dan menyambut baik langkah yang dilakukan Bank Papua untuk Pemda Raja Ampat.

“Kami pihak Pemda sangat mendukung dan mengapresiasi apa yang sudah dan akan dilakukan Bank Papua. Namun untuk SIPD dimana Raja Ampat sudah berhasil memperoleh juara 1, kami minta agar dibenahi bagian Aset Pemda agar semua pajak jelas dan transparan,” ungkap AFU.

Dijelaskan AFU pada tahun 2023, Pemerintah Raja Ampat menjadi yang terbaik dalam penerapan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) dan menjadi role model atau contoh oleh Kemendagri.

Kegiatan penandatanganan tersebut dihadiri oleh Komisaris Bank Papua, Arobi Ahmad Aituarauw dan Dortheis Sesa, SE serta Forkopimda dilingkungan Pemerintah Kabupaten Raja Ampat. (Penta Nila J/MC. Kab. Raja Ampat)

Bagikan Berita Ini :