blog

Raja Ampat Lakukan Pendampingan Penyusunan SIPD

Raja Ampat, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Raja Ampat bekerja sama dengan  Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia melakukan fasilitasi dan pendampingan penyusunan Sistim Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Raja Ampat, Kamis (4/2/2021).

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Pari Convention Center, Waisai, Ibukota Kabupaten Raja Ampat tersebut dikuti Pimpinan Organisasi Pemerintah Daerah, Sekretaris Dinas, pejabat  penyusun program dan keuangan daerah, bendahara dinas, para kepala distrik dan kepala kampung di Raja Ampat.

Sekretaris Daerah Kabupaten Raja Ampat, Dr. Yusuf Salim yang mewakili Bupati Raja Ampat saat membuka kegiatan tersebut menjelaskan fasilitasi dan pendampingan penyusunan SIPD yang dikemas dalam bentuk sosialisasi dan bimbingan teknis tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman dan menambah wawasan ASN di Raja Ampat terkait dengan penerapan aplikasi SIPD untuk  penyusunan program dan anggaran pemerintah dearah yang efisien, akuntable dan transparansi.

“SIPD ini merupakan alat bantu bagi penyusunan anggaran pemerintah daerah sebagaimana yang tertuang dalam Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi  Pemerintahan Daerah. Bukan saja pada tahap penyusunan bahkan pengawasan dan pelaporannya,” kata  Yusuf Salim.

Kepada pimpinan OPD dan peserta kegiatan, Yusuf Salim berharap untuk mengikuti sungguh sehingga materi yang dipresentasikan perwakilan Kemendagri  tersebut dapat diaplikasi dipendampingan

“Kepada pimpinan OPD dan peserta diharap untuk secara serius mengikuti sosialisasi dan bimtek ini,” ujarnya.

Terkait mendesaknya kegiatan dimaksudnya, Yusuf Salim yang mewakili Bupati Raja Ampat mengaku menyambut baik dengan dilaksanakannya kegiatan ini dan menghimbau pimpinan OPD dan peserta Bimtek agar materi yang diterima dalam kegiatan itu diaplikasikan di OPD masing-masing.

Yusuf Salim menegaskan pada tahun 2021 ini, pemerintah Kabupaten Raja Ampat  mulai melakukan sinkronisasi program antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah  dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan yang didukung dengan penyelenggaran pemerintahan, dan sinkronisasi program tersebut tentunya melalui aplikasi SIPD yang sudah siapkan Kementerian Dalam Negeri RI.

Selain dihadiri pimpinan OPD, Sosialisasi dan Bimtek SIPD ini juga dihadiri Wakil Ketua I DPRD Raja Ampat, Reynold Bula, SE, Narasumber dari Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri dan sejumlah anggota DPRD Kabupaten Raja Ampat. (Petrus Rabu/MC.Kab.Raja Ampat)

Bagikan Berita Ini :