blog

Cakupan Rendah, Raja Ampat Galakkan Vaksinasi COVID-19

DiskominfoR4, Waisai- Untuk meningkatkan pencapaian vaksinasi Covid-19, Pemkab Raja Ampat melalui Dinas Kesehatan membuka gerai pelayanan vaksinasi Covid-19 di beberapa tempat di Kota Waisai. Salah satunya di Lobi Kantor Bupati Raja Ampat.

“Sesuai dengan hasil pertemuan dengan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD)  terkait dan Polres Raja Ampat tentang evaluasi cakupan vaksinasi Covid-19 di Raja Ampat, hingga Juli 2022 didapati bahwa  cakupan kita masih rendah,” ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Raja Ampat, dr. Engelbertus Wader di sela-sela kegiatan Vaksinasi Covid-19 di Kantor Bupati Raja Ampat, Jumat (29/7/2022) .

Engelbertus  menambahkan, hal yang kedua dilaksanakan vaksinasi Covid-2019 ini dikarenakan   ada beberapa agenda internasional dilaksanakan di Raja Ampat  pada tahun ini, di mana ada kunjungan kepala-kepala negara atau tamu manca negara yang mengikuti pertemuan negara-negara G20 ke Raja Ampat dan mensyaratkan cakupan vaksinasi sebagai salah satu indikator untuk dilaksanakan kegiatan tersebut di Raja Ampat.

“Cakupan atau capaian vaksinasi Covid-19 di Raja Ampat menjadi syarat apakah kunjungan perwakilan negara-negara G20  bisa dilaksanakan di Raja Ampat dan beberapa moment lainnya,” ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Raja Ampat, dr. Engelbert Wader

Di samping itu katanya, secara nasional kasus Covid-19 sudah mulai meningkat di beberapa daerah di luar Papua dan beberapa sub varian umicron yang berkembang.  Untuk mengantisipasi hal tersebut maka vaksinasi  Covid-19, terutama sampai booster itu harus dilakukanan. Itulah yang membuat Raja Ampat menggalakkan vaksinasi Covid-19 ini, khususnya vaksinasi booster.

“Menurut beberapa data terkait cakupan vaksinasi di OPD di Raja Ampat rata-rata vaksinasi booster itu sangat rendah sekali sehingga moment ini kita gunakan untuk  beri kesempatan kepada  semua  ASN di Raja Ampat ini datang di gerai yang dibuka di Kantor Bupati Kabupaten Raja Ampat,” ujar dia.

Diakuinya, ada berapa gerai yang juga dibuka di Kota Waisai, di antaranya di Polsek Waigeo Selatan yang beralamat di Pantai Waisai Torang Cinta yang dikoordinir langsung Polres. Tetapi juga dibuka gerai di Puskesmas Kota Waisai, Raja Ampat

Dijelaskannya cakupan vaksinasi dosis pertama di Raja Ampat baru mencapai 67,5 persen, sedangkan dosis kedua mencapai 46 persen dan dosis ketiga atau Booster baru mencapai 9,3 persen.

Dirinya berharap, para ASN dan masyarakat yang belum divaksin baik vaksin dosis pertama, kedua maupun booster  untuk mendatangi gerai-gerai yang telah disiapkan pemerintah.

“Bagi para ASN atau masyarakat Raja Ampat yang kebetulan datang di Kantor Bupati Raja Ampat ini dan belum divaksin maka kami persilahkan untuk mengikuti vaksinasi Covid-19. Juga digerai-gerai pelayanan vaksinasi yang disiapkan pemerintah dan Polres Raja Ampat di Kota Waisai, Raja Ampat,” ujarnya.

Pada kegiatan vaksinasi di gerai loby kantor Bupati Raja Ampat tersebut nampak sejumlah kepala dinas yang mengikuti vaksinasi booster atau vaksin dosis ketiga diantaranya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Rio Bartholomeus Imbir, S,Pi, Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik, Frits Feliks Dimara, S.PT, MM serta sejumlah pejabat eselon III dan beberapa ASN di Lingkungan Pemda Raja Ampat.  (MC.Kab.Raja Ampat)

Bagikan Berita Ini :