blog

TP PKK dan DP3AKB Raja Ampat Gelar Pelayanan Kesehatan dan Pasar Murah

Raja Ampat, InfoPublik - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Raja Ampat dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Pelindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB)  menggelar pelayanan kesehatan gratis dan pasar murah di  Waisai, Ibukota Kabupaten Raja Ampat, Sabtu (24/4/2021).

Pelayanan kesehatan dan pasar murah  bekerja sama dengan Tenaga Profesi Kesehatan dan Komunitas Pencinta Kota (KP) Waisai, Raja Ampat tersebut dalam rangka memperingati Hari Kartini ke-142 tahun 2021.

Tahun ini, ia mengambil gebrakan baru, dimana kami bekerja sama dengan kelompok profesi kesehatan, juga dengan pemuda-pemudi Raja Ampat membuat pemeriksaan kesehatan seperti pemeriksaan asam urat, kolesterol dan diskusi kesehatan seperti kelahiran normal, pemasangan KB implant, suntik dan Pil.

Demikian ujar Ketua TP PKK Kabupaten Raja Ampat, Ny.Faujia Helga Umlati didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Raja Ampat di Jl.30 Kota Waisai, Ibukota Kabupaten Raja Ampat.

Kegiatan pasar murah dan pelayanan kesehatan tersebut dilaksanakan di tiga lokasi yakni Taman Kofarkor, Taman Depan Kantor Bupati dan Sanggar Safira, Kota Waisai.

“Saya berpikir kalau saya bikin perlombaan dan bagi-bagi hadiah sudah sering dilakukan, saya berdiskusi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB menyelenggarakan pasar murah,” tambah Ny. Faujia H.Umlati.

Dikatakannya, kegiatan pasar murah penting dilaksanakanakan pada masa pandemic Covid-19 untuk membantu masyarakat. Adapun paket pasar murah dibeli dengan harga Rp.150.000 lebih tetapi dijual dengan harga Rp.50.000.

Faujia mengakui dana pengembaliannya bisa dipakai untuk melakukan kegiatan serupa bagi yang belum sempat mendapatkan paket pasar murah.

“Kalau hanya lomba atau bagi-bagi saya bisa tapi  saya pikir masyarakat. Dan  dengan dana yang balik itu kita bisa melanjutkan kegiatan berikut untuk masyarakat yang belum sempat dapat,” ujarnya.

Sehubungan dengan peringatan Hari Kartini ke-142 tahun 2021, kepada mama-mama, ibu-ibu, perempuan-perempuan Raja Ampat dirinya berpesan dan berharap untuk tetap bertahan dan kuat.

“Ditengah kesusahan pasti ada kebaikan. Bertahanlah untuk anak, suami dan keluarga. Percaya bahwa apa yang kita lewati ini adalah pembelajaran untuk kembali ke fitrah, kembali lebih baik lagi,kita kembali ke keluarga. Ini adalah pembelajaran dengan kondisi Covid-19,” pesannya.

Adapun paket pasar murah terdiri dari beras 5 kg, gula pasir, 1 kg, tepung terigu, 1 kg, minyak goreng 1 liter dan supermie 5 bungkus yang berjumlah 1.100 paket. 

Juga dilakukan pembagian takjil buka puasa sebanyak 500 bungkus bagi umat muslim di Kota Waisai serta pembagian masker gratis.  (Petrus Rabu/MC.Kab.Raja Ampat/toeb)

Bagikan Berita Ini :