blog

Raja Ampat Latih Pengelola Bisnis Terkait Managemen Usaha dan Prosedur Perdagangan Luar Negeri

DiskominfoR4, Waisai- Pemkab Raja Ampat melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Raja Ampat melaksanakan Pelatihan Pengolahan Bisnis dan Manajemen Wirausaha, Mutu Dan Pengolahan Sentra Industri Kecil dan Menengah, Operator UPT/ Rumah Kemasan, serta Prosedur dan Dokumentasi Perdagangan Luar Negeri.

Kegiatan dilaksanakan di Waisai, Ibu Kota Kabupaten Raja Ampat, Senin (5/12/2022) dan dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahraan Rakyat, Setda Raja Ampat, Mansyur Syahdan.

Mansur Syahdan  mewakili Bupati Raja Ampat menjelaskan salah satu agenda Pemerintah Kabupaten Raja Ampat dalam bidang pembangunan ekonomi adalah peningkatan taraf hidup masyarakat.

Yang ditandai dengan peningkatan daya beli untuk pemenuhan kebutuhan-kebutuhan dasar material maupun imaterial.

"Kemampuan daya beli tersebut sudah barang tentu merupakan konsekuensi dari tingkat pendapatan yang dihasilkan melalui bentuk usaha barang maupun jasa," ujarnya.

Mansyur mengakui ada beberapa persoalan dan kendala yang selalu dihadapi dan harus menjadi perhatian seperti produktivitas hasil-hasil kegiatan perekonomian masyarakat, yang cenderung tersendat dalam pemasarannya serta bahan baku yang masih terbatas.

"Juga faktor manajerial, kwalitas, promosi, dan kemasan, serta faktor geografis yang mempengaruhi keseimbangan ongkos produksi dan distribusi, disaniping hal-hal yang menghambat secara teknis seperti kemampuan sumber daya manusia," tambahnya.

 Hal ini katanya, perlu mencari solusi untuk menciptakan kesejahteraan ekonomi masyarakat Raja Ampat melalui program dan siasat pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.

Mansur mengakui pemda mencermati persoalan di atas sebagai bahan untuk aktualisasikan dalam pengelotaan kewirausahaan.

Dirinya berharap melaui pelatihan ini para peserta dapat mengikutinya dengan seksama terhadap apa yang disampaikan oleh pemateri. Yang dengan sengaja telah sudi hadir di tengah-tengah kita. Kiranya terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tinggi.

Selain dihadiri pelaku bisnis, pembukaan kegiatan tersebut juga dihadiri pejabat Raja Ampat. Sementara pemateri dari UNIPA, Pengelolaan Bisnis dan Manajemen Wirausaha Anastasia G, S.Hut, M.si, Pengelolaandan Operator UPT/ Rumah Kemasan Imelda Fatmawati R., dan Manajemen Mutu dan Pengelolaan Sentra IKM Djumiati. (MC.Kab.Raja Ampat)

Bagikan Berita Ini :