blog

Raja Ampat Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2022

Raja Ampat, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Raja Ampat melaksanakan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah yang berlangsung di Aula Bappeda, Kompleks Kantor Bupati Raja Ampat, Distrik Kota Waisai, Selasa (30/3/2021).

Acara yang dihadiri Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, Wakil Bupati Raja Ampat, Orideko Iriano Burdam, Sekda Raja Ampat, Yusuf Salim, Asisten Bupati, Pimpinann OPD dan ASN di Raja Ampat tersebut bertujuan membahas Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun anggaran 2022.

Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati dalam sambutannya mengatakan Musrenbang RKPD ini berdasarkan amanat Undang-Undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional.

Serta, Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dan peraturan Mendagri Nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi Pembangunan Daerah.

Baik jangka panjang maupun jangan menengah daerah, untuk menyepakati hal-hal sebagai berikut pertama, permasalahan dan perintah dembangunan daerah. Kedua, program kegiatan Pagu indikatif indikator, target kinerja dan lokasi.

Ketiga, penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi.  Dan Keempat adalah klarifikasi kegiatan dan program yang merupakan kewenangan daerah kabupaten dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil musrembang kecamatan.

“Tema musrembang kali ini adalah pengembangan industri pariwisata dan kelautan untuk menopang menopang ekonomi masyarakat,” kata AFU, sapaan Abdul Faris Umlati.

Oleh karena itu dirinya berharap dukungan semua pihak dalam upaya bersama-sama membangun kabupaten Raja Ampat.  

Dirinya juga meminta untuk sama-sama mencermati isu strategis dan permasalahan yang masih menjadi tantangan di kabupaten Raja Ampat sehingga dapat dijadikan dasar dalam penentuan program dan kegiatan untuk mendukung tema tahun diatas

Dikataknya fokus pembangunan tahun 2022 diarahkan pada pertama, pembangunan infrastruktur pariwisata dan kelautan yang berbasis kemasyarakatan.

Kedua, transformasi ekonomi masyarakat melalui penguatan sektor pariwisata perikanan dan kelautan. Ketiga, pembangunan SDM dan peningkatan akses pelayanan kesehatan dan pendidikan. Dan, keempat adalah penguatan pelayanan publik.

“Pada momen yang sangat baik ini saya mengajak kita semua untuk mari bersama-sama mewujudkan Raja Ampat sejahtera dan mandiri, yang dilaksanakan melalui perwujudan kemandirian ekonomi masyarakat berbasis potensi pariwisata dan kelautan daerah yang berdaya saing dan pelayanan publik yang profesional berbasis teknologi informasi dan penyelenggaraan tata pemerintahan daerah yang baik good governance,” kata Abdul Faris Umlati.

Musrenbang RKPD ini dilanjutkan dengan diskusi intensif antara pimpinan OPD dalam merumuskan program proritas pembangunan Raja Ampat pada tahun 2022. Musrenbang RKPD ini rencananya ditutup pada Rabu (31/3/2021). (Petrus Rabu/MC.Kab.Raja Ampat/toeb)

Bagikan Berita Ini :