blog

Raja Ampat Tandatangani Kontrak Penyediaan Jasa Intranet dengan PT Telkom

DiskominfoR4, Waisai- Pemerintah Kabupaten Raja Ampat melalui Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik menandatangani kontrak berlangganan penyediaan jasa intranet dengan PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk,  berlangsung di Ruang Rapat PT Telkom Witel Papua Barat di Kota Sorong, Senin (1/8/2022).

Penandatanganan yang disaksikan Herry Willem Wakum, MGR Business, Govt dan Enterprise Service, dan Ika Oray, Government Account Manager, Petrus Rabu, Kepala Bidang Komunikasi Informatika dan Dervin Damanik, Kepala Seksi Pengelolaan Data Elektronik, Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik Raja Ampat tersebut masing-masing dilakukan Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik Raja Ampat, Frits Feliks Dimara, S.PT, MM selaku pihak pertama dan General Manager Witel Papua Barat yang mewakili PT Telkom sebagai pihak kedua.

Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Kabupaten Raja Ampat, Frits Feliks Dimara mengatakan, penandatangan tersebut guna menjalin kerja sama dalam hal penyediaan layanan internet yang dikhususkan pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Raja Ampat, agar ke depan meningkatkan layanan kepada masyarakat dan memudahkan kinerja pemerintah daerah.

“Ini adalah proses dalam penyiapkan jaringan internet yang dapat menjangkau beberapa OPD, guna mendukung program-program pemerintah daerah, serta menerapkan system pemerintahan berbasis elektonik,” ujarnya.

Lanjutnya, kendati penyediaan intranet ini belum mencakup semua OPD. Namun kerja sama ini sebagai tahap awal untuk menuju smart city di Raja Ampat serta terwujud sistem pemerintahan berbasis elektronik.

“Ini menjadi langkah awal yang kita lakukan, sehingga ke depan tinggal kita melengkapi dan sempurnakan, mengingat Raja Ampat itu terdiri dari 24 distrik, 117 kampung dan 4 kelurahan yang tersebar di pulau- pulau, maka yang pertama ini kita fokuskan di Kota Waisai,” ujarnya.

Dirinya berharap, ke depannya kerja sama tersebut mendapat dukungan semua pihak guna kemajuan Kabupaten Raja Ampat searah perkembangan dunia yang ditandai dengan pesat  digitalisasi di berbagai sektor kehidupan.

Sementara, General Manager PT Telkom Witel Papua Barat, Djoni mengapresiasi kerja sama tersebut, dalam hal penyediaan intranet bagi pemerintah Raja Ampat.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah Raja Ampat, karena mempercayakan jaringan internet, dan ke depan apabila kerja sama ini berlanjut, kami akan berusaha untuk mengembangkan penarikan jaringan, bukan hanya bagi pemerintah daerah, tapi menjangkau wilayah lain di sana,” ucapnya.

Diakuinya, PT Telkom Witel Papua Barat akan mulai menyiapkan jaringan intranet di Kabupaten Raja Ampat sesuai kesepakatan yakni selama 90 hari ke depan.

“Kita akan bekerja maksimal, agar setelah itu OPD-OPD di Raja Ampat bisa menggunakan jaringan internet,” ujarnya.

Adapun titik layanan Astinet dedicated 200 Mbps menggunakan backbone antara Organisasi Pemerintah Daerah adalah Sekretariat Daerah, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, BPKAD, Dinas Pariwisata,  Dinas Kesehatan, Inspektorat, Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik, BKPSDM, Dinas PTSP dan Penanaman Modal dan Gedung Pertemuan Pari. 

Sementara Astinet dedicated 10 Mbps menggunakan Alpro Telkom adalah Sekretariat DPRD Raja Ampat dan Rumah Sakit Umum Daerah.

Sedangkan daftar titik layanan Indihome 3P 50 Mbps adalah Dinas Pendidikan, Dinas Koperasi dan UMK, Kediaman Bupati, Kediaman Wakil Bupati, Kediaman Sekretaris Daerah, Kediaman Ketua DPRD, Kepala Dinas Kominfo, Dinas Perhubungan, Dinas Perikanan dan Badan Kesbangpol dan Linmas. (MC.Kab.Raja Ampat)

Bagikan Berita Ini :