blog

Raja Ampat Gelar Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City Tahap Ke-4

Waisai, DiskominfoRA– Pemkab Raja Ampat bekerja sama dengan Kementerian Kominfo kembali menggelar Bimtek Penyusunan Masterplan Kota Cerdas “Smart City” ke-4 yang diselenggarakan di Aula Wayag Kantor Bupati Kabupaten Raja Ampat, Rabu (24/11/2021).

Bimtek yang dihadiri kasubag program di lingkungan Pemda Raja Ampat tersebut dibuka dengan resmi Sekda Raja Ampat, Dr. Yusuf Salim, M.Si.

Yusuf Salim ketika membaca sambutan Wakil Bupati Raja Ampat menjelaskan Bimtek penyusunan Master Plan ini bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintah yang bersih, transparan efektif dan efisien dalam pelayanan publik.

Dijelaskannya, saat ini telah terjadi  revolusi digital scara dratis mengubah cara hidup dan masa depan umat manusia. Salah satu perubahan nyata adalah penggunaan handphone yang boleh dikatakan saat menjadi kebutuh primer setiap manusia.

“Setiap kita dapat bekerja dan melihat dunia dengan menggunakan teknologi yang ada ditangan kita masing-masing,” kata dia.

Karena itu, katanya teknologi dan digitalisasi merupakan element penting  setiap langkah kehidupan manusia yang memberikan kecepatan, ketepatan dan kemudahan untuk memberikan pelayanan, pendapatan pelayanan dan menghasilkan sesuatu  yang lebih mudah dengan jangkauan yang lebih luas.

Ditengah perkembangan teknologi yang pesat, setiap kota didunia berlomba-lomba mewujudkan kota smart city. Tujuannya mewujudkan kota yang berkelanjutan, meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan pelayanan maksimal bagi  masyarakat.

Raja Ampat sebagai tujuan wisata dunia dan kawasan perioritas pembangunan nasional sangat dibutuhkan masterplan smart city yang baik.

"Dimana melalui masterplan smartcity terjadi sinkronisasi dan sinergi  perencanaan sehingga akan mempercepat mendorong pembangunan Smart City di Raja Ampat,”ujarnya.

Ditegaskannya, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Raja Ampat dapat bersinergi untuk mewujudkan pelayanan publik yang bersih, transparan, efektif dan efisien guna mencapai visi dan misi Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, yaitu “Gerakan Membangun Pariwisata Dan Ekonomi Masyarakat.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Raja Ampat, Fritz Felix Dimara dalam laporannya menjelaskan adapun fokus  Bimtek tahap ke-4 tersebut adalah pertama, managemen risiko, kedua, finalisasi program kawasan, ketiga finalisasi roadmap jangka pendek, menengah serta jangka panjang.

Dan keempat adalah penandatangan komitmen kepala daerah, dewan smart city, tim pelaksana dan OPD terkait.

“Bahwa smart city bukanlah tanggungjawab sepenuhnya Dinas Kominfo tetapi tanggungjawab seluruh OPD yang ada sebagai pemerintah Kabupaten Raja Ampat,” ujar Fritz Feliks Dimara.

Bimtek penyusunan masterplan smart city Kabupaten Raja Ampat ini menghadirkan tim ahli dan pejabat dari Dirjen Aptika, Kemenkominfo Republik Indonesia. (Penta NJ/Petrus R/MC.Kab.Raja Ampat/toeb).infopublik.id

Bagikan Berita Ini :