blog

Pemprov PB Gelar Rakonis Pembangunan Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Raja Ampat

Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral mengelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) terkait Pembangunan Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral yang berlangsung di salah satu resort di Kota Waisai, Ibukota Kabupaten Raja Ampat, Kamis, (10/3/2022).

Rakornis yang mengusung tema, "Membangun Papua Barat yang Aman, Sejahtera dan Bermartabat Dengan Memanfaatkan Potensi Energi dan Sumber Daya Mineral," ini dihadiri Dinas ESDM dari 13 (tiga belas) Kabupaten/Kota se-Provinsi Papua Barat.

Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati yang diwakili Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangungan, Wahab Sangaji, S.Hut dalam sambutan selamat datangnya berharap agar Dinas ESDM dari 13 (tiga belas) kabupaten/kota dapat merumuskan langkah-langkah yg tepat untuk pengelolaan potensi sumber daya energi dan mineral yang dimiliki Provinsi Papua Barat sehingga dapat memberikan kontribusi yang besar untuk kemajuan pembangunan ditanah Papua ini, khususnya kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat di Provinsi Papua Barat.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Raja Ampat, saya menyampaikan selamat datang kepada peserta Rakornis di bumi para Raja. Saya berharap rakornis ini dapat merumuskan langkah strategis dalam pengelolaan sumber daya energi dan mineral di Papua Barat,” ujar Bupati Raja Ampat sebagaimana yang disampaikan Asisten II Setda Raja Ampat, Wahab Sengadji dalam sambutannya.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan yang diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Papua Barat, Melkias Warinussa, SH.MH menjelaskan bahwa pembangunan sektor energi di Papua Barat saat ini penuh harapan dan tantangan.

Artinya, kata Melkias Warinussa, Wilayah Papua Barat memiliki potensi ESDM yang sangat besar tetapi belum dimanfaatkan secara optimal. Oleh karena itu efisiensi dan efektifitas perlu diperhatikan dalam pemanfaatan sumberdaya energi dan mineral di wilayah Papua Barat dalam rangka memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Papua Barat.

Dirinya berharap rakornis tersebut menjadi momentum yg tepat bagi Dinas ESDM se-Provinsi Papua Barat untuk berkolaborasi dan mensinkronkan berbagai program dan kebijakan strategis sektor energi dan sumber daya mineral yang dapat diajukan ke Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat.

Diakui Melkias Warinussa, usulan program dan kegiatan dari seluruh Dinas ESDM dari 13 (tiga belas) Kabupaten/Kota peserta Rakornis akan sangat membantu dalam mempercepat penyelesaian Rencana Umum Energi Daerah (RUED) Provinsi Papua Barat. (MC.Kab.Raja Ampat)

Bagikan Berita Ini :