blog

Raja Ampat Selenggarakan FGD Pembinaan Data Statistik Sektoral

DiskominfoR4, Waisai- Pemerintah Kabupaten Raja Ampat melalui Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik menyelenggarakan Focus Group Discusion (FGD) Pembinaan Data Sektoral yang berlangsung di salah satu hotel di Waisai, Ibukota Kabupaten Raja Ampat, Rabu (28/9/2022).

FGD yang dibuka Sekretaris Daerah Raja Ampat, Dr. Yusuf Salim, M.Si bertujuan mewujudkan satu data Raja Ampat dan percepatan pengumpulan data sektoral yang terintegritas dan berkualitas sebagai pijakan dalam proses pembangunan Kabupaten Raja Ampat tahun 2022.

Yusuf Salim memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini karena mampu mensinergikan semua pihak, bekerjasama, berdiskusi terkait permaslaahan data melalui forum Satu Data Indonesia (SDI) dimana dapat mendorong percepatan penetapan SDI di Kabupaten Raja Ampat.

"Semoga kegiatan ini dapat menjadi momentum untuk memperkuat komitmen dari seluruh stakeholder bahwa data yang dipublikasi nanti dalam portal data benar- benar menjadi 'Satu Data' Pemerintah Kabupaten Raja Ampat yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan dapat dibagipakaikan, serta menjadi acuan perencanaan pembangunan," harap Yusuf Salim.

Dirinya berharap kegiatan seperti ini tidak hanya bersifat monumental saja melainkan dapat berkelanjutan agar dapat memberikan kemudahan dalam mewujudkan komitmen 'Satu Data Raja Ampat' yang akurat.

"Karena data yang akurat sangat berpengaruh dalam menentukan arah kebijakan pembangunan, serta evaluasi terhadap hal yang perlu diperbaiki, karena data yang berkualitas akan mewujudkan pemerintah yang cerdas dalam membuat perencanaan pembangunan di berbagai sektor," pungkas Sekda.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik Raja Ampat, Frits Feliks Dimara, S,PT, MM melalui Kepala Bidang Persandian, Mariana Mansmoor, SE memberikan apresiasi dan penghargaan kepada semua peserta yang mengikuti FGD tersebut.

"Mewakili kepala dinas saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada peserta yang ikut ambil bagian dalam FGD ini, " ujarnya.

Dirinya berharap FGD tersebut melahirkan data statistik sektoral yang valid dan akurat di Raja Ampat. Terkait hal itu , pihaknya juga mengakui akan selalu berkoordinasi dan berkonsultasi dengan BPS Raja Ampat.

"Kami siap untuk berkoordinasi dengan BPS untuk merencanakan pembinaan statistik sektoral di OPD Kabupaten Raja Ampat agar outputnya dapat valid dan dapat dipertanggungjawabkan,” ungkap Kabid Statistik Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Kabupaten Raja Ampat Mariana Mansmoor, SE.

Kegiatan FGD tersebut dihadiri seluruh pimpinan OPD di Lingkungan Pemda Raja Ampat, Pejabat dan Staf Diskominfo Raja Ampat serta sejumlah perwakilan pejabat instansi vertikal. Adapun narasumber Kepala Badan Pusat Statistik Raja Ampat, Ir. Nurhaidah Sirun dan Kepala Bidang Persandian dan Statistik Dinas Komunikasi Informatika Persandian Provinsi Papua Barat Zaenal Fanumbi, ST. (MC.Raja Ampat)

Bagikan Berita Ini :