blog

Pelaku Usaha Wisata Raja Ampat Ikuti Program Vaksinasi COVID-19

Raja Ampat, InfoPublik- Sejumlah perwakilan pelaku usaha wisata Raja Ampat mengikuti Program  Vaksinasi COVID-19 yang berlangsung di Puskesmas Waisai, Ibu Kota Kabupaten Raja Ampat, Senin (8/3/2021).

Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat, Yusdi Lamatenggo mengakui, program vaksinasi Covid-19 bagi pelaku usaha wisata tersebut merupakan  program wajib dalam mendukung pengembangan usaha wisata di Raja Ampat pada masa pandemik COVID-19.

Yusdi mengakui, program vaksinasi COVID-19 yang dilaksanakan Pemda Raja Ampat tersebut bertujuan memberikan kepastian atau garansi kepada wisatawan baik domestic maupun mancanegara bahwa Raja Ampat layak dikunjungi pada masa Pandemik COVID-19.

Dijelaskannya, pada masa pandemik COVID-19 banyak ragu-ragu ragu-ragu untuk melakukan perjalanan wisata, oleh karena itu  diperlukan kepastian dn garansi bagi wisatawan bahwa daerah yang dituju aman dari pandemic COVID-19.

“Jika semua pelaku usaha wisata seperti pengelola hotel, homestay, resort dan restorat sudah divaksin maka itu memberi jaminan atau garansi bagi wisatawan bahwa daerah kita aman untuk kegiatan wisata,” ujar Yusdi, sapaan Yusdi Lamatenggo.

Dikatakannya, kegiatan vaksinasi bagi pelaku usaha wisata ini diikuti sertifikasi oleh Kementerian Pariwisata dengan melibatkan pihak ketiga terkait kenyamanan dan keamana usaha wisata di Raja Ampat dari COVID-19. Oleh karena itu dirinya meminta pelaku usaha wisata yang belum mengikuti program vaksinasi COVID-19, untuk segera divaksin.

Mikhael Sada Marani, selaku Ketua Himpunan Pengusaha Wisata Indonesia yang saat itu turut divaksin saat itu mengaku langkah yang diambil Pemda Raja Ampat tersebut sangat positif dalam mengembangkan usaha  wisata di Raja Ampat.

Dirinya mengaku, setiap pelaku usaha wisata harus aman dari Covid-19 dengan cara ikut program vaksinasi dengan demikian dapat memberikan rasa aman bagi wisatawan.

Ia mengajak, pelaku usaha wisata di Raja Ampat untuk mengambil bagian dari program tersebut sehingga usaha wisata di Raja Ampat pada masa pandemic Covid-19 berjalan lancar dan aman.

“Bagaimana kita memberi rasa aman kepada orang lain kalau kita sendiri tidak aman. Oleh karena itu saya ajak teman-teman pelaku usaha wisata untuk ikut ambil bagian dalam program ini sehingga kita sebagai pelaku usaha wisata di Raja Ampat dapat memberikan rasa aman bagi seluruh wisatawan yang ingin ke Raja Ampat,”imbuhnya.

Kegiatan vaksinasi bagi pelaku usaha wisata merupakan program tahap kedua, sebelumnya program vaksinasi difokuskan bagi tenaga kesehatan.  (Petrus Rabu/MC.Kab.Raja Ampat/Eyv)

Bagikan Berita Ini :