blog

Ketua Bawaslu Ingatkan Panwaslu Distrik Jaga Integritas dan Jangan Memihak

DiskominfoR4, Waisai-

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Raja Ampat, Marcus Rumsowek mengingatkan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Distrik se-Kabupaten Raja Ampat untuk menjaga integritas dan independensi.

"Selain itu, tidak memihak kepada kelompok atau kepentingan tertentu dalam melaksanakan tugas pengawasan terkait tahapan pelaksanaan pemilu di Raja Ampat," ujar Marcus, ketika melantik Panwaslu Distrik se-Kabupaten Raja Ampat, di salah satu resort di Waisai, Sabtu (29/10/2022).

Pada pelantikan yang ditandai dengan pengambilan sumpah janji dan penandatanganan pakta integritas tersebut, Marcus juga mengingatkan Panwaslu Distrik untuk jujur, adil dan membangun komunikasi dan koordinasi dengan semua pihak di tingkat distrik dan kampung. "Karena motto Panwaslu adalah “Bersama rakyat awasi pemilu, Bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu," sambungnya.

Dia mengatakan, Pemilu sukses itu karena keterlibatan semua pihak, masyarakat, stakeholder, tokoh agama, tokoh masyarakat dan lainnya. "Karena itu tugas kita dalah mengaungkan pemilu 2024 bersama masyarakat, dengan membangun koordinasi dan komunikasi yang baik,” kata Marcus.

Dirinya juga mengingatkan agar pakta integritas yang ditandatangani pada acara tersebut untuk diingat, ditanamkan dalam hati dan harus menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas pengawasan pemilu.

Marcus mengingatkan Panwaslu Distrik untuk bekerja keras, cepat dan akurat karena saat ini tahapan Pemilu serentak 2024 sudah berlangsung, dimana acara pelantikan panwaslu distrik juga menjadi bagian didalammnya.

“Berdasarkan PKPU Nomor 3 tahun 2022, saat ini sudah masuk tahapan verifikasi parpol, dimana saat ini sedang diverifikasi keanggotaannya. Jadi kita perlu bergerak cepat. Karena itu setelah pelantikan ini, jangan ada yang berkeliaran di Waisai. Jika kedapatan maka akan diberikan SP (surat peringatan,red),” ujar Marcus.

Karena itu, Marcus meminta Panwaslu Distrik untuk segera pleno untuk menentukan ketua dan melakukan pelantikan Panwas tingkat kampung dan kelurahan.

Pelantikan 72 Panwaslu Distrik se-Kabupaten Raja Ampat hasil seleksi terbuka beberapa waktu lalu tersebut dihadiri Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Raja Ampat, diantaranya, Bupati Raja Ampat yang diwakili Asisten II Setda Raja Ampat, Wahab Sangadji, Wakapolres Raja Ampat, Kompol Bernadus Okoka, Kasdim 1805 Raja Ampat, DanposAl Raja Ampat, Danki Brimob Raja Ampat, saksi dan rohaniawan.

Bupati Raja Ampat dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wahab Sangadji menghimbau Panwaslu Distrik yang baru dilantik agar dapat menjamin fungsi pengawasan bagi segenap komponen bangsa sehingga dapat berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pemilihan umum dengan aman dalam kendali demokrasi negara kesatuan, Pancasila dan UUD 1945.

"Mari kita bertekad agar persiapan penyelenggaraan Pemilihan Umum dapat kita laksanakan dengan baik, dengan memanfaatkan semua sumber daya yang tersedia secara optimal, cermat dan efisien," harap Bupati Raja Ampat sebagaimana yang dibacakan Asisten II Setda Raja Ampat.

Wahab, sapaan Wahab Sangadji juga berpesan agar bekerja dengan setulus hati dan bukan seenak hati, dan Panwaslu selaku wasit atau penyelenggara pemilu harus memiliki integritas.

“Kalian dilantik dengan sumpah janji, juga ada pakta integritas. Artinya, Panwaslu harus kawal pelaksanaan pemilu agar meminimalisir pelanggaran yang terjadi. Dan kerja dengan tulus hati dan jangan sesuka hati,” kata Wahab dihadapan Panwaslu Distrik yang baru dilantik.

Sementara itu, Wakapolres Raja Ampat, Kompol Bernadus Okoka dalam arahannya menjelaskan peran panwaslu distrik itu sangat penting dalam menentukan hasil pemilu. Karena itu, Wakapolres meminta Panwaslu untuk melaksanakan tugas pengawasan dengan baik sehingga hasil pemilu pun baik.

“Hasil itu tidak bisa mengkianati hasil. Jadi kalau panwaslu berjalan dengan baik selama proses pelaksanaan pemilu maka pemimpin yang dihasilkan membawa manfaat bagi banyak orang,” kata Wakapolres.

Acara pelantikan ini dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis bagi Panwaslu yang dilantik dengan pemateri dari KPUD Raja Ampat dan Bawaslu Raja Ampat. (/MC.Kab.Raja Ampat)

Bagikan Berita Ini :