blog

Polres Raja Ampat Canangkan Zona Integritas Bebas Korupsi dan Bersih Melayani

Raja Ampat, InfoPublik - Kepolisian Resort Raja Ampat mencanangkan Zona Integritas yang meliputi Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)  yang berlangsung di Halaman Polres Raja Ampat, Rabu (10/3/2021).

Kapolres Raja Ampat, AKBP. Andre JW. Manuputty, SIK kepada  media menjelaskan, pencanangan zona integritas tersebut berdasarkan perintah Polda Papua Barat, di mana seluruh Polres di Papua Barat harus menerapkan Zona Integritas.

Kapolres menjelaskan, pencanangan zona integritas di Polres Raja Ampat bertujuan mewujudkan Polres Raja Ampat sebagai Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani. (WBBM)

Dikatakannya, ke depannya pelayanan Polri semakin tertata jelas dan tersentralisasi dengan baik melalui satu ruang yaitu ruang SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu).

“Di situ (SPKT) semua pelayanan-pelayanan kepolisian terhadap public atau masyarakat disatukan dengan alur yang jelas sesuai standar yang ditetapkan Menteri PANRB (Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,red),” ujarnya.

Dijelaskannya, ruang SPKT ini akan direhab untuk memenuhi standart pelayanan termasuk sarana dan prasarana penyandang disabilitas.  Dikatakannya, kedepannya pelayanan public  dibuat sesuai dengan standart nasional yang sudah ditetapkan.

Selain mencangang Zona Integritas, Polres Raja Ampat juga mencanangkan pelayanan SIM Delivery, BPKB delivery, SIM Delivery, SKCK delivery peningkatan pelayan SIM bagi penyandang disabilitas khusus roda dua.

“Delivery itu artinya sudah dibuat, mengikuti prosedur, tapi yang bersangkutan tak sempat menunggu untuk cetakan karena ada kegiatan lain,  maka SIM atau dokumennya diantarkan petugas,” tambahnya.

Terkait pencanangan tersebut, Bupati Raja Ampat yang diwakili Asisten I Setda Raja Ampat, Drs.Muhidin Umalelen memberikan apreasi terhadap apa yang dilakukan Polres Raja Ampat.

Umalelen, sapaan Muhidin Umalelen berharap agar apa yang dilakukan Polres Raja Ampat tersebut untuk terus berkoordinasi dengan Pemda Raja Ampat dan instansi terkait.

“Atas nama pemerintah, kami memberikan apresiasi kepada pihak Polres yang menerapkan system yang baik dalam pelayanan kepada masyarakat.  Langkah-angkah yang dibuat Polres Raja Ampat untuk melakukan koordinasi dengan Pemda Raja Ampat sehingga berjalan lancar dan sukses,” ujar Umalelen.

Acara pencanangan yang ditandai penandatangan pakta integritas oleh Kapolres dan jajaran perwira di Polres Raja Ampat ini dihadiri sejumlah pejabat Raja Ampat, Dandim 1805 Raja Ampat, Wakil Ketua I DPRD Raja Ampat, Reynold M.Bula, tokoh agama, tokoh masyarakat dan sejumlah tamu undangan lainnya. (Petrus Rabu/MC.Kab.Raja Ampat)

Bagikan Berita Ini :